Selamat Datang  di Website Resmi Pemerintahan Desa Air Mesu  Kota Durian ( KOmpetitif, Terpadu, Aman, Dinamis, Unik, Religius, Inovatif dan mANdiri )  Kecamatan Pangkalanbaru Kabupaten Bangka Tengah, Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

 

Desa Air Mesu Gelar Kontes Durian Lokal

Administrator 23 April 2018 14:17:23 Berita Lokal

PANGKALAN BARU – Berlimpahnya hasil kebun berupa durian di Desa Air Mesu, Kecamatan Pangkalan Baru, Kabupaten Bangka Tengah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung setiap tahunnya, dimanfaatkan pemerintah desa setempat untuk mencari jati diri durian.
Dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Pemerintah Desa Air Mesu menggelar Festival Durian Lokal khusus durian Air Mesu, di lapangan sepak dola desa, Sabtu (3/3/2018). Festival ini diikuti sebanyak 55 peserta dari 2 kelas yang dipertandingkan.
Hadir dalam ini kontes itu, Bupati Bangka Tengah Ibnu Saleh, anggota DPD RI Erfian Rosman, beberapa anggota DPRD Provinsi Babel, Sekda Bangka Tengah, anggota DPRD Bangka Tengah, sejumlah Kepala OPD di Pemkab Bangka Tengah dan undangan lainnya.
Bertindak sebagai juri dalam kontes durian tersebut adalah Kepala Dinas Pertanian, Rusli Khaidir, Kepala Dinas Disperindagkop Kaharudin dan Staf Dispora Bangka Tengah. Juri dalam penilaian poin utama melihat penampilan dan ketebalan isi buah durian, selain rasa, dan baunya.
Dalam pantauan wartawan, tampak antusiasme warga melihat festival ini yang baru pertamakali digelar di desa Air Mesu. Apalagi pada saat juri sedang mencoba mencicipi durian, hampir seluruh warga yang hadir ikut mencicipi durian itu. Bahkan ikut mencoba menerka-nerka durian mana yang paling baik.
Ketua Pelaksana Festival Durian, Masdi menjelaskan, kegiatan yang pertama kali digelar ini merupakan sejarah bagi Desa Air Mesu.
“Tujuan kita melaksanakan kontes ini agar durian lokal dari Air Mesu menjadi durian yang bersertifikat. Kita berharap kegiatan kontes durian ini dapat terus dilakukan di Desa Air Mesu,” ujarnya.
Kepala Desa Air Mesu, Sumirjan mengatakan hal sama. DIa menambahkan kontes durian ini diikuti puluhan peserta dari dua kelas buah yang berbeda.
“Total tadi yang mengikuti kontes ini sebanyak 55 peserta. Untuk kelas buah satu kilo ke bawah sebanyak 20 peserta, sedangkan kelas diatas satu kilo diikuti sebanyak 35 peserta,” tambahnya.
Sementara Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh menilai kegiatan tersebut merupakan satu langkah dalam menjadikan buah lokal menjadi unggulan lokal maupun unggulan nasional.
“Kami harapkan ini menjadi salah satu pemicu para petani untuk mencari atau membuat publikasi, menginformasikan durian-durian yang unggul berasal dari Desa Air Mesu, sehingga semua orang tahu, khususnya Bangka Tengah dan Bangka Belitung,” katanya.
Melihat antusiasme dalam kontes durian ini dan manfaatnya bagi daerah, bupati mengatakan tahun depan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah yang akan menggelar festivial durian.
“Tahun depan kita laksanakan kegiatan festival durian ini tidak hanya ditingkat desa, akan tetapi tingkat kabupaten. Undang seluruh peserta di seluruh Bangka Tengah ini, agar durian lokal Bangka Tengah dapat kita inventalisir,” tambahnya.
Menurut Ibnu, Pemerintah Daerah Bangka Tengah sudah mencanangkan program satu kepala keluarga untuk mendapatkan dua batang bibit durian.
“Tahun ini kita akan berikan satu kepala keluarga dua bibit durian chumashi. Kita sudah menyampaikan kepada kepala desa untuk menganggarnya pada APBDes. Insya Allah tahun ini ada program Tahura (Hutan Tanaman Rakyat). Kedepan kita ingin mengembangkan Tahura ini menjadi agrobisnis, dengan begitu program tersebut menjadi cikal bakal menuju durian yang bersertifikat,” pungkasnya. (ran/1)

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Peta Desa

Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Aparatur Desa

Sinergi Program

Komentar Terkini

Info Media Sosial

Facebook

Lokasi Kantor Desa

tampilkan dalam peta lebih besar

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung